Sistem Pakar

22 04 2010

Pernah mendengan istilah Sistem Pakar (Expert System)? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk sharing mengenai sistem pakar. Menurut Feigenbaum vide Harmon & King (1985) vide Marimin (2005), sistem pakar adalah perangkat lunak komputer cerdas yang menggunakan pengetahuan dan prosedur inferensi untuk memecahkan masalah yang cukup rumit atau memerlukan kemampuan seorang pakar untuk memecahkannya. Sistem pakar berbeda dengan program konvensional, karena program yang terakhir hanya dapat dimengerti oleh pembuat program (programmer). Sistem pakar bersifat interaktif dan mempunyai kemampuan untuk menjelaskan apa yang dintakan pengguna (user friendly).

Dalam hal ini, sistem pakar merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan komputer yang didukung oleh teknik kecerdasan buatan (artificial intelligence), terutama untuk pemecahan persoalan yang bersifat nalitis (intepretasi dan diagnostik, sintesis) dan integrasi yang sesuai dengan konsep informasi dengan penerapan data dasar (modelisasi konseptual, konsepsi fisik, restrukturisasi data dan administrasi dokumen).

Menurut Oxman (1985) vide MArimin (2005), sistem pakar adalah peranghkat lunak komputer yang menggunakan pengetahuan (aturan-aturan tentang sifat dari suatu unsur masalah), fakta dan teknik inferensi untuk masalah yang biasanya membutuhkan kemampuan seorang ahli.

Pengetahuan yang digunakan dalam sistem pakar terdiri dari akidah-kaidah (rules) atau informasi dari pengalaman tentang tingkah laku suatu unsur dari suatu gugus persoalan. Kaidah-kaidah biasanya memberikan deskripsi tentang kondisi yang diikuti oleh akibat dari prasyarat tersebut.

Tujuan perancangan sistem pakar adalah untuk mempermudah kerja atau bahkan menggantikan tenaga ahli, penggabungan ilmu dan pengalaman dari beberapa tenaga ahli, training tenaga ahli baru, penyediaan keahlian yang diperlukan oleh suatu proyek yang tidak ada atau tidak mampu membayar tenaga ahli. Hal tersebut dapat dipahami secara rasional, karena kaderisasi tenaga ahli dalam suatu organisasi sangat diperlukan, terutama untuk badan usaha yang mempunyai keterbatasan dana untuk menyediakan tenaga ahli.

Penggabungan ilmu dan pengalaman para tenaga ahli bukan merupakan pekerjaan yang mudah, khususnya untuk tenaga ahli bukan merupakan pekerjaan yang mudah, khususnya untuk tenaga ahli yang berbeda bidang keahliaanya. Dalam hal ini sistem pakar direncang untuk menyimpan dan menggunakan ilmu serta pengalaman dari satu atau beberapa tenaga ahli. Untuk itu sustu sistem pakar yang mempunyai kapasitas besar diperkirakan mampu memecahkan suatu persoalan yang tidak dapat dipecahkan oleh satu atau sekelompok kecil tenaga ahli.

Sistem pakar atau sistem berbasisi pengetahuan kecerdasan (Intellegent Knowledge Based System) merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang memungkinkan komputer dapat berpikir dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan aturan (aturan biasa dan meta). Dalam proses tersebut seorang pengguna dapat berkomunikasi secara interaktif dengan komputer untuk memecahkan suatu persoalan atau seolah-oleh pengguna berhadapan dengan seseorang yang ahli dengan masalah tersebut.

Dengan berkembangnya teknik kecerdasan buatan (AI), sistem pakar dirancang untuk memiliki kemampuan untuk belajar dan mengajar. Apabila pengguna sistem pakar tersebut seorangtenaga ahli yang lebih kompeten dari ahli yang digunakan sebagai sumber pengetahuan, maka sistem pakar mendapat masukan imu dan pengalaman baru dari tenaga ahli yang bersangkutan dan selanjutnya hal tersebut dapat disimpan untuk digunakan di lain waktu. Kalau pengguna sistem pakar bukan seorang ahli, maka sistem pakar dapat memberikan saran, kesimpulan dan penjelasan untuk menyelesaikan persoalan tertentu.

Sumber:
Marimin. 2005. Teori dan Aplikasi Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial. Bogor: IPB Press.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: