Pengantar Pengkajian Stok Ikan

13 04 2010

A. DEFINISI
Pengkajian stok adalah riset yang ditujuankan untuk membuat prediksi kuantitatif tentang reaksi dari populasi ikan bersifat dinamis terhadap sejumlah alternatif pengelolaan dengan menggunakan sejumlah metode dan penghitungan statistik serta matematik:

Dalam pengkajian stok terdapat dua kata kunci, yakni:
1. Prediksi kuantitatif; dan
2. Pilihan/alternatif/opsi.

Prediksi kuantitatif, misalnya terhadap:
1. Batas/limit produksi yang diperbolehkan;
2. Berbagai resiko yang dapat ditimbulkan oleh penangkapan yang berlebihan (overfishing) atas sejumlah populasi yang tengah memijah (spawning);
3. Perlunya memberi kesempatan ikan untuk tumbuh mencapai ukuran tertentu yang diinginkan sebelum dieksploitasi, dsb.

Pengelolaan Perikanan
Tujuan utama pengelolaan perikanan adalah untuk menjamin produksi yang berkelanjutan dari waktu ke waktu dari berbagai stok ikan (resource conservation), terutama melalui berbagai tindakan pengaturan (regulations) dan pengkayaan (enhancement) yang meningkatkan kehidupan sosial nelayan dan sukses ekonomi bagi industri yang didasarkan pada stok ikan.

Cakupan Pengkajian Stok
Sering sekali istilah pengkajian stok diartikan sebagai sinonim dengan saran biologi tentang berbagai tingkat eksploitasi. Dalam pandangan seperti ini maka tugas para ahli biologi pengkajian stok cukup sekedar mengkaji status dan potensi produksi dari stok dan membuat sejumlah rekomendasi tentang hasil tangkapan yang diperbolehkan, upaya penangkapan optimum, dsb.

Pada hakikatnya pengkajian stok tidak sekedar melakukan “interpretasi dari statistik atas hasil tangkapan (catch) komersial untuk mengestimasi potensi menghasilkan dari sumber daya ikan (potential yield)”. Suatu pengkajian stok yang dilakukan secara baik jauh lebih lengkap dari pengertian tersebut.
1. Pengkajian stok meliputi pemahaman tentang dinamika dari perikanan. Dengan demikian pengkajian stok harus dilakukan atas dasar pengertian bahwa perikanan merupakan sejumlah stok dinamis yang dari waktu ke waktu akan merespon terhadap:

  • Sejumlah peraturan pengelolaan; dan
  • Berbagai faktor ekstrinsik.

2. Pengkajian stok harus mencakup pembuatan sejumlah prediksi tentang berbagai kencenderungan (trends) yang mungkin terjadi sebagai respon terhadap perubahan kebijaksanaan dari waktu ke waktu; serta

3. Pengkajian stok harus dapat merumuskan kebijaksanaan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai perubahan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya dan yang kejadiannya tidak dapat dihindarkan.

B. PERUBAHAN PERANAN PENGKAJIAN STOK DALAM PERKEMBANGAN PERIKANAN
Perikanan komersial bukanlah suatu sistem statis yang dapat dimanipulasi dan diatur keberadaannya sesuka hati melalui pengelolaan. Peranan pengakajian stok selalu berbeda dalam fase dari perkembangan perikanan.

1. Pengkajian stok sangat penting dalam menetapkan sejumlah ekspektasi dasar dan batas-batas bagi upaya pengembangan, serta dalam merancang berbagai program monitoring untuk memperoleh estimasi sejumlah parameter penting dari populasi (population size and structure), mortalitas total, mortalitas alami dan mortalitas penangkapan; pola dan laju pertumbuhan individu maupun populasi (individual and population growth pattern and growth rate) serta pola dan laju rekrutment.

2. Pengkajian stok dapat berperan penting dalam:
i) “fine tuning” sistem penangkapan untuk hasil tangkapan yang lebih besar;
ii) menyusun berbagai perencanaan untuk tujuan rehabilitasi manakala perkembangan awal dari perikanan menghasilkan overfishing; dan
iii) mengembangkan strategi pengelolaan selama berlangsung transisi teknologi ke arah penggunaan berbagai metode penangkapan yang lebih efisien.

3. Pengkajian stok dapat berperan penting dalam menetapkan sejumlah ekspektasi pada saat awal dari perkembangan perikanan, misalnya:
i) tingkat tekanan penangkapan yang diijinkan (atau yang didorong, atau yang disubsidi) sebagai sasaran awal perkembangan perikanan, dengan mempertimbangkan sejumlah resiko, seperti investasi ekonomi yang berlebihan (economic overcapitalization) dan/atau penangkapan berlebihan secara biologi (biological overfishing).
ii) menyediakanh beberapa estimasi awal secara kasar mengenai: distribusi, ukuran, dan produktivitas stok.
iii) membentu menentukan berbagai keperluan utama monitoring yang akan memungkinkan dilakukannya pengkajian yang lebih tepat dalam fase perkembangan berikutnya.

4. Pengkajian stok diperlukan untuk meningkatkan informasi saat proses perkembangan berlanjut

Peranan menentukan dari pengkaji stok yang dilaksanakan selama fase perkembangan adalah menyediakan data dan informasi yang secara teratur diperbarui dan umpan balik tentang parameter populasi dan estimasi potensi yang diperlukan dalam proses penentuan pengeloaan.

Secara khusus, pengkajian stok secara sistematik dan bersifat reguler dapat menyediakan peringatan dini yang bagus terhadap penangkapan yang berlebihan dan membantu mencegah timbulnya investasi berlebihan yang sangat merugikan bagi industri penangkapan.

Peluang untuk meningkatkan hasil tangkapan perikanan adalah melalui:
i) “fine tuning” peraturan terhadap stok yang sedang dieksploitasi secara penuh;
ii) program rehabilitasi/membangun kembali (rebuilding) untuk sejumlah stok yang telah mengalami eksploitasi secara berlebihan.

Sumber:
Widodo. Johanes. 2002. Pengantar Pengkajian Stok Ikan. Pusat Riset Perikanan Tangkap, BRKP-DKP


Actions

Information

3 responses

19 09 2011
siti markhamah

pegertian stpk itu sendiri apay…?

19 09 2011
siti markhamah

pengertian stok ikan itu sendiri apay?

26 09 2011
Andhika

Stok itu adalah sub populasi. Contohnya populasi ikan layang decapterus ruselli. Nah ada stok layang l. Jawa n layang tomini.mereka satu spesies, tpi dpisahk o/ batas geografis. Kondisi lingkungan mereka meyebabkan perbedaan dlm struktur genetik.
Perlu dingat kajian stok itu seharunya per spesies bkn general.
Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: