Istilah-Istilah dalam Pengkajian Stok Part 1

14 04 2010

Biomassa:
1. Berat total dari organisme yang masih hidup yang diteliti, apakah dalam suatu sistem, suatu stok, dan sebagian dari suatu stok: misalnya biomassa plankton dalam suatu area, biomassa dari ikan-ikan pemijah, dll.
2. Bobot total dari suatu sumber daya suatu stok, atau suatu komponen dari suatu stok. Misalnya: biomassa dari semua ikan demersal di Laut Jawa; biomassa ikan Layang; biomassa ikan-ikan yang tengah memijah (yakni bobot ikan-ikan betina matang gonad) (juga standing stock).

By-catch:
Hasil tangkapan sampingan adalah bagian hasil tangkapan dari suatu unit penangkapan yang tertangkap bersama spesies target sebagai tujuan penangkapan. Sebagian atau semua hasil tangkapan sampingan dibuang ke laut sebagai discards.

Catch:
Hasil tangkapan adalah komponen dari ikan yang bertemu dengan alat penangkap ikan dan tidak dapat melepaskan diri dari padanya.

Catch per unit effort, CPUE:
Hasil tangkapan per unit upaya adalah jumlah hasil tangkapan yang diambil per unit alat tangkap, misalnya jumlah ikan per mata-pancing per bulan. CPUE dapat digunakan sebagai ukuran efisiensi ekonomi dari suatu suatu jenis alat tangkap, tetapi biasanya CPUE digunakan sebagai indeks kelimpahan (abundance), yakni bila perubahan dalam CPUE secara proporsional mewakili perubahan dalam kelimpahan. Namun demikian kita mengetahui bahwa terdapat sejumlah faktor (termasuk ekonomi, distribusi geografis) yang dapat mempengaruhi CPUE tetapi tidak mewakili perubahan-perubahan dalam kelimpahan. Oleh sebab itu, CPUE sering dibakukan dengan menggunakan berbagai teknik statistik untuk menyingkirkan pengaruh dari faktor-faktor yang diketahui tidak mempunyai kaitan dengan kelimpahan. Dengan demikian penggunaan CPUE yang telah dibakukan akan lebih memadai sebagai indeks kelimpahan. Kebanyakan analisis pengkajian stok (model-model produksi; analisis populasi virtual, virtual population analysis, VPA) menggunakan data indeks kelimpahan sebagai masukan.

Discard:
1. Melepaskan atau mengembalikan ikan ke laut, apakah ikan tersebut telah dibawa ke atas kapal penangkapa atau tidak.
2. Sebagian dari hasil tangkapan yang tidak diatahan dan yang dikembalikan ke lauta. Ikan yang dikembalikan ke laut (discard) biasanya terdiri dari spesies non-target atau spesimen di bawah ukuran yang tealh ditetapkan. Sementara sejumlah spesies (kekeranga, binatang laut) yang dikembalikan ke laut mungkin mampu bertahan hidup sedang sebagian besar ikan akan mati.

Fishery-independent:
Karakteristik informasi (misalnya indeks kelimpahan stok) atau suatu kegiatan (misalnya survei kapal riset) yang diperoleh atau dilakukan bebas dari aktivitas sektor perikanan. Survei tersebut ditujukan untuk menghindari bias yang melekat pada data yang terkait dengan perikanan (fishery-related data)

Fish stock:
Stok ikan adalah sumber daya hayati dalam komunitas atau populasi dari mana hasil tangkapan diambil dari suatu perikanan. Penggunaan stok ikan biasanya menunjukkan populasi tertentu yang sedikit banyak terisolasi dari stok lainnya dari spesies yang sama dan yang dengan demikian bersifat mandiri.

Fishery management:
Pengelolaan perikanan adalah proses integral dari pengumpulan informasi, analisis, perencanaan, pengambilan keputusan, pengalokasian sumber daya dan perumusannya, penegakan peraturan perikanan (enforcement), dan dengan berdasarkan ini semua otoritas pengelolaan mengkontrol perilaku dan kepentingan berbagai pihak saat ini dan saat mendatang dalam perikanan agar dapat menjamin produktivitas berkesinambungan dari sumber daya.

Sumber:
Widodo, Johanes. 2003. Pengakajian Stok Sumber Daya Ikan Laut Indonesia. Forum Pengakajian Stok Ikan Laut Indonesia, Jakarta. ISSN 979-97194-2-9

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: